02 October 2015

Berbeda - beda Tetapi Tetap Satu

Berbeda - beda Tetapi Tetap Satu
Indonesia sudah dipimpin oleh Pemimpin yang baru ini terpilih, yaitu Presiden Joko Widodo dan WaPres Jusuf Kalla. Sebagai Pemimpin yang baru, tentunya ada Rencana kedepannya yang sudah disusun dan yang akan disusun. Salah satunya, Mereka mencanangkan konsep "Revolusi Mental". Maka kita perlu bersiap atas konsep yang dibuat olehnya.

Apakah kalian tahu arti Revolusi Mental? Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Revolusi merupakan Perubahan yang cukup mendasar dari suatu bidang dan Mental merupakan batin atau watak. Jadi, Revolusi Mental merupakan Perubahan yang cukup mendasar dari batin atau watak yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia. Seperti apakah batin atau watak Bangsa Indonesia yang perlu diubah? Saya akan coba untuk membagikannya kepada kalian menurut persepsi saya sendiri.

BHINEKA TUNGGAL IKA. Kalimat tersebut sering kita lihat pada gambar burung garuda yang merupakan lambang Negara Indonesia. Bhineka Tunggal Ika merupakan bahasa jawa kuna yang memiliki arti Berbeda-beda tetapi tetap satu.

Indonesia merupakan Negara dengan banyak perbedaan. Baik itu agama, ras, bahasa, suku, maupun budaya. Dengan banyaknya perbedaan yang kita miliki, harusnya Negara kita menjadi negara yang unik dan kuat dibandingkan dengan negara lain. Akan tetapi, perbedaan yang kita miliki tidak membuat kita menjadi saling menghargai, saling berbagi, saling mengajarkan. Justru perbedaan itu menjadi alasan kita untuk menjauhi, memusuhi, mengucili bahkan sampai tindakan-tindakan yang mungkin tidak manusiawi seperti membunuh.

Maka, perlu adanya Revolusi Mental dalam hal Toleransi dan Pembauran. Karena Perbedaan yang kita miliki ini merupakan  Kekayaan Bangsa Indonesia dan Kekuatan yang membuat kita saling menghargai dan membantu satu sama lain.


EmoticonEmoticon