13 January 2016

Cara Install WordPress Offline

Tentu kamu mengetahui WordPress bukan kepoers? Ya, Wordpress merupakan salah satu website yang memungkinkan kita untuk melakukan kegiatan blogging. Tentu, untuk melakukan hal seperti itu memerlukan sebuah koneksi internet. Namun sekarang, Wordpress dapat kamu gunankan dalam keadaan offline alias tak butuh sebuah koneksi. Penasaran dengan caranya?
Sebelum mengetahu caranya, pastikan kamu telah mengunduh file yang akan digunakan.
1. XAMPP
Pertama adalah XAMPP. Ini berfungsi untuk menyimpan semua informasi mengenai Wordpress. Apabila kamu belum mempunyainya, kamu dapat mendownloadnya terlebih dahulu. Download XAMPP.

2. WordPress Offline
Berikutnya tentunya kamu perlu memiliki WordPress Offline. Semua sumber informasi dapat kamu temukan disini. Apabila kamu belum memilikinya, kamu dapat mendownloadnya terlebih dahulu. Download WordPress Offline.

Setelah kamu memiliki kedua file diatas, mari kita lanjutkan.
Pertama, Jalankan XAMPP terlebih dahulu. Apabila belum, kamu dapat menginstallnya. Cara penginstallannya sama seperti software yang lainnya. Berikut merupakan Gambar yang menunjukkan XAMPP telah berjalan.
  
Kedua, kamu ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ pada web browser yang kalian jalankan. Lalu buatlah database baru. Berikut contoh database yang saya buat.

Ketiga, kamu harus meng-extract file yang sudah kalian download tersebut. Kamu perlu meletakkan file tersebut di folder htdocs. Caranya klik Local Disk > xampp > htdocs. Setelah itu, kamu akan menemukan folder bernama wordpress seperti gambar dibawah ini.

Keempat, buka folder wordpress tersebut, lalu cari file yang bernama wp-config-sample.php lalu kamu ubah nama file tersebut menjadi wp-config.php setelah itu, kamu buka file wp-config.php dengan teks editor yang kamu miliki. Saya menggunakan Notepad++.

Kamu akan melihat isi filenya seperti diatas. Kamu perlu merubahnya sedikit.
1. 'database_name_here' kamu perlu menggantinya dengan nama database milik mu.
2. 'username_here' kamu perlu menggantinya dengan root.
3. 'password_here' kamu perlu membuatnya kosong.
Jangan kamu hilangkan tanda petik (') agar tidak terjadi error. Apabila telah selesai, kamu hanya perlu save (Ctrl + S).

Kelima, kamu ketikkan http://localhost/wordpress/ di web browser. Lalu kamu isi data identitas kamu dan Wordpress yang kamu miliki.

Sekian dari saya yang bisa saya bagikan. Semoga kamu dapat melakukan hal diatas. Apabila ada yang ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar. Terimakasih..


EmoticonEmoticon