05 July 2017

Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender

Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Hai semua, kali ini saya akan membahas tugas terbaru saya, yaitu mengenai Constructive Solid Geometry. Apa sih Constructive Solid Geometry? dan bagaimana cara membuatnya di Software Blender? Baca di bawah ini ya..

Constructive Solid Geometry (CSG) adalah suatu teknik yang digunakan dalam solid modeling serta sering kali namun tidak selalu, digunakan dalam komputer grafis 3D dan CAD. CSG memungkinkan modeler untuk membuat objek atau permukaan yang kompleks dengan menggunakan operator Boolean untuk menggabungkan objek tersebut. Dalam beberapa kasus, CSG ditampilkan dalam jaring-jaring polygonal dan mungkin juga prosedural atau parametrik.

Benda padat yang paling sederhana untuk ditampilkan disebut primitif  yang biasanya berbentuk objek sederhana seperti kubus, prisma, silinder, piramida, bola dan kerucut.
Sebuah objek dibangun dari sebuah primitif dengan cara operasi boolean yang terdiri dari union, intersection, dan difference. Dan berikut ini adalah pembuatan CSG dengan operasi Boolean menggunakan software Blender.

Boolean Intersection (Persinggungan) - Kedua Objek Berbeda
Intersection adalah objek yang dihasilkan dari objek yang mengandung semua bagian dimana kedua objek saling berpotongan. Bila tidak terjadi perpotongan antara kedua objek tersebut maka objek intersection tidak akan terbentuk. 
Cara membuat Intersection pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 1.1) kemudian seleksi objek Silinder, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Intersect -> Object: Bola (objek yang berpotongan dengan silinder) -> Apply -> Seleksi objek Bola -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Intersection objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder dan Bola. (lihat Gambar 1.2).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.1

Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.2



Boolean Difference (Pengurangan) - Kedua Objek Berbeda
Difference adalah objek yang dihasilkan dari pengurangan objek A oleh objek B yang saling berpotongan.
Cara membuat Difference pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 1.1) kemudian seleksi objek Silinder, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Difference -> Object: Bola (objek yang berpotongan dengan silinder) -> Apply -> Seleksi objek Bola -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Difference objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder dan Bola. (lihat Gambar 1.3).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.3


Boolean Union (Penggabungan) - Kedua Objek Berbeda
Union adalah membuat dua objek menjadi satu kesatuan objek sehingga dapat dilakukan manipulasi seperti pada satu objek. Kita bisa lihat pada Gambar 1.1 bahwa Union objek seperti sudah terbuat. Akan tetapi, sebenarnya Union objek belum terbuat (lihat Gambar 1.4).
Cara membuat Union pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 1.1) kemudian seleksi objek Silinder, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Union -> Object: Bola (objek yang berpotongan dengan silinder) -> Apply -> Seleksi objek Bola -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Union objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder dan Bola. (lihat Gambar 1.5 dan Gambar 1.6).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.4


Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.5


Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 1.6

Boolean Intersection (Persinggungan) - Kedua Objek Sama
Cara membuat Intersection pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 2.1) kemudian seleksi objek Silinder 1, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Intersect -> Object: Silinder 2 (objek yang berpotongan dengan silinder 1) -> Apply -> Seleksi objek Silinder 2 -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Intersection objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder 1 dan Silinder 2. (lihat Gambar 2.2).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.1


Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.2


Boolean Difference (Pengurangan) - Kedua Objek Sama
Cara membuat Difference pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 2.1) kemudian seleksi objek Silinder 1, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Difference -> Object: Silinder 2 (objek yang berpotongan dengan silinder 1) -> Apply -> Seleksi objek Silinder 2 -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Difference objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder 1 dan Silinder 2. (lihat Gambar 2.3).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.3


Boolean Union (Penggabungan) - Kedua Objek Sama
Cara membuat Union pada Blender, antara lain: 
Buat dua buah objek terlebih dahulu (lihat Gambar 2.1) kemudian seleksi objek Silinder 1, lihat bagian Properties, lalu pilih Modifier -> Boolean -> Operation Union -> Object: Silinder 2 (objek yang berpotongan dengan silinder 1) -> Apply -> Seleksi objek Silinder 2 -> tekan X pada keyboard -> Delete.
Union objek telah berhasil dibuat berdasarkan perpotongan objek Silinder 1 dan Silinder 2. (lihat Gambar 2.5 dan Gambar 2.6).
Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.4


Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.5


Cara Membuat Constructive Solid Geometry di Blender
Gambar 2.6

Sekian dari saya, semoga dapat membantu teman - teman semua.. Terima kasih..

2 komentar

Wah keren.... Ane juga pengen bisa mengoperasikan software Blender ini :D


EmoticonEmoticon